PENDAMPINGAN BELAJAR BACA TULIS AL – QURAN BERBASIS ANIMASI (Follow The Line)

PENDAMPINGAN BELAJAR BACA TULIS AL – QURAN BERBASIS ANIMASI (Follow The Line)

Smallest Font
Largest Font

KILASBERITA.ID - Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Kelompok XVIII INSTITUT UMMUL QURO AL-ISLAMI BOGOR berhasil menciptakan pembelajaran yang inovatif, kreatif kepada lembaga pendiidkan yangada di desa Harkatjaya kecamatan sukajaya. (Sabtu,14 September 2024)

Pengabdian kepada masyarakat merupakan salah satu komponen kegiatan akademik yang merupakan bagian dari Tri Dharma Perguruan Tinggi, disamping pendidikan dan penelitian. Dengan dilaksanakannya dharma pengabdian kepada masyarakat disamping kedua dharma yang lain, diharapkan selalu ada interelesasi antara perguruan tinggi dan masyarakat sekitarnya.

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat sebagai tindakan nyata melalui penguatan kapasitas masyarakat agar lebih berdaya baik dari segi partisipasi maupun penguatan kapasitas nya.

Masyarakat khususnya anak-anak merupakan asset masa depan anak yang sangat perlu untuk dibina dalam pembentukan karakter islami. Salah satunya dengan mengenalkan Al Quran melalui pembelajaran informal.

Hal ini dilakukan oleh Mahasiswa IUQI di Kampung Parigi RT.002 RW.001 Desa Harkatjaya Kecamatan Sukajaya, Kabupaten Bogor pada hari selasa 14 September 2024 dengan tema “PENDAMPINGAN BELAJAR BACA TULIS AL – QURAN BERBASIS ANIMASI".

Mahasiswa IUQI memakai metode Follow The Line dimana metode ini ialah metode yang menggunakan huruf hijaiyah dengan tulisan transparan dan tugas siswa adalah menebalkan tulisan tersebut.

Metode follow the line dapat menumbuhkan motorik anak sehingga anak mampu berpikir secara sistematis. Alat yang di gunakan berupa; buku iqra, pensil, dan alat tulis lainnya. metode ini dapat dilakukan guna membantu anak-anak mengenali dan mengikuti pola-pola huruf dalam Al-Qur'an.

Ketua kelompok KKM XVIII Desa Harkatjaya, Muhammad Dhiva Hisbatullah menerangkan bahwa Pendampingan Belajar Baca Tulis Al-Qu'ran Berbasis Animasi ini adalah metode yang sangat efektif untuk mendorong siswa supaya lebih aktif belajar karena menggunakan berbagai media yang menarik sehingga siswa SDN Sukajaya 03 mampu berpikir secara inovatif dan menciptakan lingkungan belajar yang bisa melatih motorik anak

Baca Juga: Ramalan Zodiak Scorpio Hari Ini, Sabtu 14 September 2024: Kesehatan, Cinta, dan Karier.

Dhiva juga menjelaskan dalam prakteknya, pendampingan belajar Al-Qur'an biasanya dilakukan melalui metode-metode yang lebih tradisional dan spesifik, seperti metode Iqra' yang menggunakan buku panduan untuk membantu anak-anak belajar membaca Al-Qur'an dengan benar dan fashih.

Adapun yang berperan dalam mendukung kegiatan ini adalah Ahmad Mudzakir Hidayat, M. Dhiva Hisbatullah, Burhannudin, Zulfaizin, Elis Sulastri, Salma Raudotun Alfiah, Salsabila Wahyu Fadilah, Ollivia Nur Hakimah, Siti Laelatunnisfah, Fatia Dinny Az – Zahra, Hilda Syahara, Pradiptya Fiqiyami, Mamas Susanti, Sindi Fitri J, Kulsum, yaitu sebagai mahasiswa IUQI KKM Kelompok XVIII.

Langkah yang harus di lakukan untuk hari ini adalah bagaimana kami menjadikan siswa siswi yang adaa di SDN Sukajaya 03 ini adalah upaya untuk menjadikan sekolah yang bermutu dengan nilai – nilai keagamaan nya.

Harapannya, semoga kegiatan ini bisa meingkatkan nilai – nilai keagamaan berkualitas khusus nya yang ada di Desa Harkatjaya dan pendidikan lain nya yang ada di indonesia.***

Editors Team
Daisy Floren
Daisy Floren
Raps Author

Populer Lainnya