Pentingnya Peran Agama untuk Menjaga Kesehatan Mental

Pentingnya Peran Agama untuk Menjaga Kesehatan Mental

Smallest Font
Largest Font

KILASBERITA.ID - Manusia tidak lepas dan terhindar dari berbagai masalah kejiwaan seperti rasa cemas atau emosi yang ditandai dengan perasaan tidak nyaman.

Bentuk cemas seperti emosi itu wajar terjadi dan merupakan respons normal terhadap stres.

Karena rasa cemas berlebih bisa membuat kita sulit untuk berkonsentrasi dan menjalankan aktivitas sehari-harinya.

Namun jangan khawatir, anda bisa menerapkan berbagai cara di bawah ini untuk membantu mengatasi perasaan-perasaan seperti kecemasan, gelisah, frustasi dan lain sebagainya.

Dikutip dari Buku kesehatan Mental Zakiyah Drajat mengatakan "Agar Manusia terhindar dari rasa Gelisah, kecemasan, dan ketegangan jiwa agar hidup tenang dan tentram serta bahagia hingga dapat membahagiakan orang lain, maka dari itu manusia harus percaya Tuhan dan hidup harus mengamalkan agamanya, karena agama bukan dogma, tapi agama adalah kebutuhan jiwa yang perlu dipenuhi oleh manusi itu sendiri".

Karenanya Agama bisa membawa suasana kita ke dalam kondisi yang tenang dan Efek tenang yang ada pada agama sering dilakukan lewat doa, ritual, meditasi dan bentuk lain

Selain itu agama juga bisa membuat relaksasi tubuh lebih nyaman Sehingga, dengan ajaran keyakinan yang kita miliki, kita dapat mengurangi depresi, kecemasan, frustasi dan stress pada fisik lainya.***

Editors Team
Daisy Floren

Populer Lainnya