Salurkan Bantuan Pangan, Kecamatan Leuwiliang Laksanakan Gerakan Orang Tua Asuh Anak Stunting dan Ibu Hamil Kekurangan Energi Kronik

Salurkan Bantuan Pangan, Kecamatan Leuwiliang Laksanakan Gerakan Orang Tua Asuh Anak Stunting dan Ibu Hamil Kekurangan Energi Kronik

Smallest Font
Largest Font

KILASBERITA.ID - Salah satu upaya dalam mewujudkan percepatan penanganan stunting, dan mencegah terjadinya kasus stunting baru, Kabupaten Bogor meluncurkan program GOTASMIL (Gerakan Orang Tua Asuh Anak Stunting dan Ibu Hamil Kekurangan Energi Kronik).

Pada Program ini dilakukan penyaluran bantuan pangan bergizi bagi balita stunting dan ibu hamil kekurangan energi kronik (KEK) sebagai makanan tambahan dalam penanganan stunting.

Kegiatan ini dilaksanakan secara serentak di Kabupaten Bogor, GOTASMIL dilaksanakan pada hari Rabu (24/7/2024) dengan sasaran balita dan ibu hamil yang telah diverifikasi oleh Puskesmas terindikasi stunting. Data ini diperoleh melalui laporan di EPPGBM dan pemeriksaan kesehatan oleh Puskesmas.

Di Kecamatan Leuwiliang , peluncuran GOTASMIL ini dilaksanakan di tiga Desa yakni Desa Leuwiliang, Desa Cibeber 1 dan Desa Barengkok. Kegiatan Penyaluran bantuan dilaksanakan di masing-masing Desa yang langsung diberitan oleh Bapak Asuh yang telah di tunjuk oleh Bupati Bogor.

Di Desa Leuwiliang kegiatan ini dilaksanakan berbarengan dengan kegiatan Rembug Stunting Desa. Kegiatan penyaluran bantuan dihadiri oleh Camat Leuwiliang, Kepala Balai Penyuluh KB Kecamatan Leuwiliang, perwakilan dari Dinas pendidikan Kabupaten Bogor, Kepala Puskesmas, Bidkor Kecamatan Leuwiliang, Bidan Desa Leuwiliang Pemerintahan Desa Leuwiliang serta instansi lainnya serta kader Tim Pendamping Keluarga Desa Leuwiliang.

Pada tahap awal ini, yang bertindak sebagai orang tua asuh adalah Camat Leuwiliang, Kabid dari Disdik Kabupaten Bogor, Kadispora Kabupaten Bogor dan Direktur BPR LPK Parungpanjang.

Adapun bantuan yang diberikan adalah 2 kg beras, telor 1 kg, dan ayam satu ekor. Bantuan ini akan diberikan setiap Minggu selama 2 bulan untuk bayi/baduta stunting dan 4 bulan untuk inu hamil KEK

"Harapan kami agar ibu hamil di Kecamatan Leuwiliang terbebas dari KEK dan anak-anak di Kecamatan Leuwiliang dapat terbebas dari Stunting, dan pada tahap selanjutnya Kecamatan Leuwiliang tidak termasuk lokus penyaluran bantuan, artinya semuanya dalam keadaan sehat wal afiat," ujar Camat WR. PELITAWAN.

Program GOTASMIL ini akan dilakukan secara bertahap. Seluruh pejabat pemerintah di lingkungan Kecamatan Leuwiliang dan di Kabupaten Bogor akan menjadi orang tua asuh.

Kerjasama dari semua pihak tentu sangat menentukan keberhasilan setiap program. oleh karenanya memerlukan kepedulian yang tinggi dari semua pihak agar permasalahan stunting dapat segera teratasi.***

Editors Team
Daisy Floren

Populer Lainnya