Taman Nasional Kepulauan Togean Ini Pasti Bikin Kamu Nggak Mau Pulang

Taman Nasional Kepulauan Togean Ini Pasti Bikin Kamu Nggak Mau Pulang

Smallest Font
Largest Font

KILASBERITA.ID - Indonesia nggak cuma Jawa, kamu pun sangat disarankan untuk berpetualang ke wilayah Indonesia Timur, ke Sulawesi misalnya. Mungkin sesekali kamu perlu refreshing sejenak di Kepulauan Togean. Nah di Sulawesi Tengah inilah Taman Nasional Kepulauan Togean berada. Letaknya persis di Teluk Tomini, dan secara administrasi, kepulauan yang epik ini berada di Kabupaten Tojo Unauna. Cocok untukmu para pecinta wisata bahari nih. Yuk, siapin tiket buat liburan ke sini!

Kepulauan ini nggak kalah menakjubkan kalau kamu bandingkan dengan Derawan. Togean kaya akan terumbu karang dan berbagai biota lautnya yang langka dan dilindungi Kepulauan Togean ialah sebuah taman nasional dengan dua area ekosistem berupa lautan seluas 292.000 hektar dan datarannya 70.000 hektar. Lokasinya yang terpencil dan jauh dari hiruk pikuk kehidupan justru menjadi daya tarik tersendiri bagi para petualang. Kepulauan ini terdiri atas enam pulau besar dan pulau-pulau yang lebih kecil, yang jumlahnya mencapai 60 pulau.

Kepulauan Togean punya enam pulau besar dan 60-an pulau kecil. Tentu saja ada pulau-pulau paling terkenal dan paling sering dikunjungi wisatawan. Apa aja ya? Yang paling terkenal di Togean adalah pulau Kadidiri, Poya, Bolilangan, Malenge, Pengempa, dan Una-Una. Sebab, pulau-pulau ini memiliki resort pantai yang nyaman dengan halaman depan pantai berpasir putih dan laut bening yang dihiasi taman karang. Nggak harus bersama pasangan, sendiri pun tetap saja kamu bisa menikmati kedamaian di Togean kok. Di wilayah tepi perairan, kamu juga akan mendapati hamparan rumput pantai yang menjadi tempat mencari makan ikan-ikan dugong. Selain itu juga terdapat hutan mangrove dengan 33 jenis mangrove dari 26 genus dan 21 famili, ada pula beberapa jenis burung yang bersarang di sekitar pantai. Sungguh menakjubkan.

Togean nyatanya tak hanya memiliki perairan. Sebab, daratannya pun juga mampu memesona siapapun yang bertandang Lalu, bagaimana cara menuju Kepulauan Togean ini? Simak dan catat baik-baik ya, siapa tahu nanti kamu memang perlu.

Dari Bandara Soekarno Hatta Jakarta, kamu bisa naik pesawat dengan tujuan Bandara Mutiara di Palu. Jarak tempuhnya cuma sekitar empat jam kok. Nah dari Palu, kamu bisa naik bus atau taksi atau apapun ke Ampana via Poso, sekitar 375 km, waktu tempuhnya sekitar 10 jam perjalanan. Dari Ampana, silahkan naik kapal Puspita Sari atau Lumbalumba menuju Wakai, sekitar 4-5 jam perjalanan. Tapi sayangnya, kapal ini hanya beroperasi pada hari Senin, Rabu, dan Sabtu aja.

Kalau mau lebih mudah dan murah, kamu bisa ke Togean via Gorontalo, dengan kapal feri Tuna Tomini. Lebih mudah lantaran kamu ngak perlu melakukan perjalanan darat yang sangat jauh. Tapi, kamu harus mengalokasikan waktu yang cukup banyak. Jadi kalau kamu nggak punya cukup banyak waktu libur atau cutimu terbatas, ya silahkan lewat Palu.

Soal penginapan, mulai homestay sederhana senilai Rp 200 ribu per malam hingga resort mewah sudah tersedia di Togean. Lalu, kapan kamu ke Togean? Jangan melewatkan aktivitas canoeing, snorkeling dan juga diving di sekeping nirwana milik Sulawesi Tengah ini ya.***

(MG/Eisha Abi Muhammad)

Editors Team
Daisy Floren
Daisy Floren
Raps Author

Populer Lainnya