Tim PKM Unpak Edukasi Masyarakat Desa Soal Pengolahan Tanaman Obat

Tim PKM Unpak Edukasi Masyarakat Desa Soal Pengolahan Tanaman Obat

Smallest Font
Largest Font

KILASBERITA.ID - Dosen dan mahasiswa Fakultas Matematika Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Pakuan (Unpak) laksanakan program Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) dengan tema “Kampung Jamu Milenial”.

Program PKM pada hari ke-2 ini dilakukan kepada masyarakat Desa Ciburuay, Kecamatan Cigombong, Kabupaten Sukabumi, Senin, 19 Desember 2022.

Pada pelaksanaan program PKM ini, tim dari Unpak langsung memberikan pelatihan kepada masyarakat, dalam hal ini memberikan edukasi tentang pengolahan tanaman obat.

Masyarakat di wilayah tersebut, diberikan beberapa arahan dan tata cara pengolahan bahan tanaman Obat serta Budidaya Tanaman obat. Hal itu bertujuan agar masyarakat bisa langsung merasakan serta mengimplementasikan terhadap teori yang telah di berikan.

Pelatihan pembuatan Simplisia ini dibimbing langsung oleh Triastinurmiatiningsih yang merupakan ahli dalam bidang tanaman serta beberapa mahasiswa jurusan biologi, sehingga pemahaman masyarakat lebih mudah dalam pelatihan ini.

Hasil pengolahan pembuatan simplisia langsung dirasakan oleh masyarakat Ciburuay tersebut. Pelatihan pembuatan simplisia ini banyak digemari dikalangan ibu rumah tangga, dengan tujuan agar mereka bisa lebih produktif dalam membuat sebuah inovasi baru serta bisa menambah nilai ekonomi masyarakat Ciburuay.

Pada kegiatan penanaman budidaya tanaman obat dominant dari kalangan bapak-bapak karena mereka lebih memahami mengenai hal media tanam.

Media pembuatan Simplisia serta media penanaman budidaya tanaman obat telah disediakan, sehingga masyarakat hanya tinggal mengimplementasikan langsung pada masing-masing kegiatan.

Menurut ketua pelaksana, Prihastuti Harsani mengatakan kegiatan ini merupakan Program Insentif Pengabdian Masyarakat Terintegrasi Dengan MBKM Berbasis Kinerja IKU Bagi PTS Tahun 2022.

"Sumber dana insentif Pengabdian Kepada Masyarakat dari Direktorat Jendral, Pendidikan Tinggi Riset dan Teknologi," katanya.

Dia mengatakan bahwa kegiatan tersebut merupakan pembelajaran kolaboratif dari tim PKM Unpak untuk masyarakat desa.

“Kegiatan dilaksanakan tim pengabdi dari Unpak untuk meningkatkan keberdayaan masyarakat desa dan juga pembelajaran kolaboratif dan partisipatif mahasiswa melalui skema kemasyarakatan yang diwujudkan dalam pemberdayaan masyarakat yakni Kegiatan Kampung Bangkit (KKB)," kata Prihastuti, Jum’at, 23 Desember 2022.***

Editors Team
Daisy Floren
Daisy Floren
Raps Author

Populer Lainnya