Tips Bisnis Menjanjikan, Ini Ide Usaha untuk Mahasiswa

Tips Bisnis Menjanjikan, Ini Ide Usaha untuk Mahasiswa

Smallest Font
Largest Font

KILASBERITA.ID - Anda mahasiswa? lagi cari usaha sampingan? Berikut ini artikel tips bisnis yang cukup menjanjikan buat mahasiswa.

Tips bisnis ini bisa jadi peluang usaha yang menjanjikan, ini bisa anda jalankan dengan sangat mudah sambil menjalankan aktivitas anda sebagai mahasiswa.

Anda perlu mengeluarkan ide dan kreatifitas anda untuk menjalankan bisnis-bisnis ini. Selain itu, ini juga bisa semakin melatih kemampuan anda di dunia kerja.

Dengan beberapa bisnis yang telah KilasBerita.id rangkum, ini bisa menambah penghasilan sehari-hari anda selain menunggu kiriman uang dari orang tua.

Namun, jangan khawatir anda bisa mencoba ide bisnis yang kami rangkum untuk membantu kebutuhan ekonomi anda sebagai mahasiswa.

Dilansir KilasBerita.id dari SahabatPegadaian, berikut ini tips bisnis yang menjanjikan sebagai peluang usaha mahasiswa:

1. Jasa Les Privat

Anda bisa mencoba menjajakan jasa anda dengan modal keilmuan yang anda miliki, salah satunya jasa les private. Namun anda perlu memastikan bahwa anda mampu menguasai materi yang akan anda ajarkan.

Jika kamu mahasiswa jurusan bahasa asing dan cukup menguasai apa yang sudah kamu pelajari, maka kamu bisa coba menjadi guru les bahasa asing yang kamu kuasai.

Untuk mempromosikannya, kamu bisa memanfaatkan media sosial, membuat brosur, atau bisa dimulai promosinya melalui teman-teman terdekat.

2. Online Web Programmer / Blogger

Kali ini ada peluang bisnis yang bisa anda jalankan jika anda menguasai jurusan teknologi informasi.

Bidang tersebut bisa menjadi peluang bisnis yang cukup menjanjikan. Jasa yang ditawarkan pun berhubungan dengan mata kuliah yang dipelajari yaitu bisnis online programmer web dan blogger.

Caranya, anda dapat membuat situs, blog atau e-commerce yang menghasilkan passive income. Tentunya masih banyak cara untuk memonetize blog, seperti ikut Pay-Per-Click (PPC), pasang iklan, mempromosikan jasa atau menjual produk melalui blog.

Jika situs atau blog milik anda memiliki banyak pengunjung dan mendapat tempat di hati pembaca, maka peluang untuk mendapat tambahan cuan semakin terbuka lebar.

Selain itu, anda bisa coba tawarkan kepada sejumlah perusahaan yang memiliki relevansi dengan konten yang dimuat untuk beriklan di halaman utama situs atau blog milik anda.

3. Jasa Service Komputer dan Laptop

Jasa yang satu ini tentunya anda harus memiliki skill seputar teknologi, untuk menambah penghasilan anda sebagai mahasiswa.

Bisnis ini cukup potensial, apalagi di masa ini semua sudah bergantung pada teknologi, salah satunya harus memiliki laptop atau komputer.

Model bisnis ini bisa dijalankan oleh mahasiswa yang mengerti atau memiliki keterampilan soal hardware maupun software. Jika anda mahasiswa jurusan komputer, maka ini seharusnya bisa menjadi ladang usaha anda.

4. Design Grafis

Bisnis kali ini bisa dijalankan oleh mahasiswa jurusan desain komunikasi visual atau mahasiswa jurusan lain namun memiliki keterampilan dalam membuat design.

Maka ini bisa jadi ladang usaha buat anda, model bisnis ini menuntut anda untuk menguasai beberapa software desain seperti, adobe illustrator, photoshop, corel draw dan lainnya.

Kemudian, anda bisa memulainya dengan mempromosikan melalui media sosia dengan menawarkan jasa open commision membuat ilustrasi bebas dengan harga yang terjangkau.

5. Menulis / Copywriting

Jika anda memiliki kemampuan menulis dan bisa mengembangkan ide promosi melalui teks. Maka ini adalah bisnis yang bagus dan bahkan tanpa harus mengeluarkan modal.

Untuk menjalankan bisnis ini, anda hanya membutuhkan kemampuan menulis yang baik. Tentu saja kreativitas juga dibutuhkan dalam hal tersebut. Anda bisa mengerjakan bisnis ini dimana saja, kapan saja dan tidak terikat oleh waktu.

Bentuk tulisan yang bisa anda ditawarkan sangat bervariasi, mulai dari menulis artikel umum dari sebuah produk, atau karya tulis lain yang lebih kreatif seperti puisi maupun cerpen atau ebook.

Nampaknya, ide bisnis yang satu ini sangat mudah untuk anda jalankan. Model bisnis ini akan mudah diminati saat memasuki waktu dimana mahasiswa sedang mengerjakan ujian akhir.

Meski paperless gencar di kampanyekan, akan tetapi hingga kini masyarakat Indonesia tetap lebih menyukai pekerjaan yang sifatnya menggunakan kertas sebagai alat dokumentasi.

Memanfaatkan printer yang ada di kamar kost anda bisa menjadi mesin pencetak uang disaat para mahasiswa membutuhkan jasa print terdekat. Tipsnya, tawarkan harga yang sama atau sedikit lebih murah dari tempat atau rental-rental yang ada di sekitar anda. Maka para mahasiswa ini tidak akan berpikir panjang untuk mencetaknya di tempat kamu.

Gimana? Apakah anda tertarik untuk menjalankan ide bisnis yang telah dirangkum pada artikel ini?

Semoga rangkuman artikel tips bisnis menjanjikan ini bisa jadi ide peluang usaha anda sebagai mahasiswa ya. Terus latih kemampuan anda, jangan patah semangat.***

Editors Team
Daisy Floren

Populer Lainnya