Variatif Layanan dan Teknik Bimbingan Konseling-Kelompok 4 PLP Magang IUQI Bogor

Variatif Layanan dan Teknik Bimbingan Konseling-Kelompok 4 PLP Magang IUQI Bogor

Smallest Font
Largest Font

KILASBERITA.ID - Kelompok 4 PLP Magang Institut Ummul Quro Al-Islami Bogor konsisten dalam memberikan beragam layanan dan teknik bimbingan konseling kepada siswa/i di SMA Negeri 1 Cibungbulang pada Rabu, 22 November 2023.

Ameliawati Ketua Kelompok 4 PLP Magang IUQI Bogor menyampaikan bahwa hypnotherapy merupakan tipe terapi yang menggunakan hipnosis, yaitu tindakan memasuki alam bawah sadar seseorang untuk memberikan sugesti tertentu.

Pada kasus depresi, katanya, hypnotherapy bertujuan untuk membuat seseorang fokus dan rileks, sehingga perasaan dan emosi negatif di masa lalu dapat dikendalikan.

"Hypnotherapy yang diberikan kepada siswa/i ialah relaksasi untuk menenangkan pikiran dan menghilangkan beban yang sedang mereka alami. Dimana saat ini banyak sekali remaja khususnya pada siswa/i SMA yang begitu banyak mempunyai masalah dan mereka bingung untuk mengungkapkan emosinya serta mereka bingung untuk mencari tempat bercerita, akhirnya semua perasaan itu mereka pendam sendiri sehingga mereka semakin tersiksa dengan permasalahan yang sering kali penuh," terangnya.

"Maka dari itu, hipnoterapi ini dilakukan agar mengurangi beban pikiran masalah yang sedang mereka hadapi," pungkasnya.

Bunga Gitasmara Qotrunnada Tim Media Kelompok 4 PLP Magang IUQI Bogor menyampaikan, bahwa konseling kelompok yang ditujukan untuk siswa/i yang terlibat kenakalan remaja, memberikan layanan atau bantuan kepada siswa/i dengan memanfaatkan dinamika kelompok untuk mengetahui konsep diri masing-masing anggota.

"Melalui konseling kelompok memungkinkan terjadinya komunikasi antar pribadi, di mana dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan pemahaman dan penerimaan diri terhadap nilai-nilai kehidupan dan segala tujuan hidup serta untuk belajar perilaku tertentu ke arah yang lebih baik dari sebelumnya," katanya.

Mutawarudin Sekretaris I Kelompok 4 PLP Magang IUQI Bogor mengatakan, bahwa program-program BK telah selesai dilaksanakan pada pekan ini. Namun, tentu dapat berkelanjutan ketika pihak sekolah atau siswa/i membutuhkan bantuan kami. Semoga Mahasiswa BKI IUQI Bogor dapat memberikan kontribusi dimanapun berada.

Adapun layanan dan teknik bimbingan konseling lainnya dilakukan oleh anggota anggota Kelompok 4 PLP Magang IUQI Bogor, yakni Deby Sri Rahmawati (Art Therapy), Septiani Sanusi (Bimbingan Karir), Farid Alwi, Bahrul Ulum, Like Irawati, dan Annisa Septiani Rukmana (Konseling Individu dan Konseling Kelompok).***

Editors Team
Daisy Floren

Populer Lainnya